Article

Google sebagai pusat layanan data internet dunia

Dalam dunia internet, Google memiliki delapan pusat data yang luas dan merupakan kekuatan dunia nomor satu.  mereka menunjukkan sistem jaringan yang rumit dari komputer yang memproses permintaan pencarian internet, tayangan youtube berupa klip video dan mendistribusikan email bagi jutaan orang.

Dengan ratusan ribu server, kabel berwarna-warni dan bahkan sepeda, sehingga insinyur dapat berkeliling dengan cepat. Mereka telah melakukan perubahan dari pabrik kertas di Finlandia dikonversi untuk diproses menjadi peternakan server di Iowa.

Beberapa foto dalam delapan pusat data  Google Inc. di AS, Finlandia dan Belgia. Google juga membangun pusat data di Hong Kong, Taiwan, Singapura dan Chili. Tour virtual data center North Carolina juga akan tersedia melalui 'Street View' layanan Google, yang biasanya digunakan untuk melihat foto-foto lingkungan di seluruh dunia. Pusat data merupakan pusat saraf Google, meskipun tidak terletak di dekat kantor pusat perusahaan di Mountain View, California.
The online gallery reveal the interior of eight of Google's secretive server farms around the globe, from Finland to Iowa
Google berkembang dari akarnya di garasi Silicon Valley, perusahaan co-pendiri Larry Page dan Sergey Brin bekerja dengan insinyur lain untuk mengembangkan sistem untuk menghubungkan penerbangan murah server komputer dengan cara yang akan membantu mereka mewujudkan ambisi mereka untuk memberikan digital roadmap untuk semua informasi dunia.

Awalnya, Google hanya ingin daya komputasi yang cukup untuk mengindeks semua situs di Internet dan memberikan respon cepat untuk permintaan pencarian. Seperti tentakel Google diperluas ke pasar lain, perusahaan harus terus menambahkan lebih banyak komputer untuk menyimpan video, foto, email dan informasi tentang preferensi pengguna mereka '.

 Teknologi yang sudah diterapkan Google telah mengumpulkan  lebih dari 1 miliar orang yang menggunakan layanannya, kemudian membuat perusahaan  sering menjadi sasaran keluhan privasi di seluruh dunia. 

Google mempelajari permintaan pencarian Internet dan kebiasaan surfing Web dalam upaya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari apa yang di sukai orang.. Perusahaan melakukan hal ini dalam upaya untuk menampilkan iklan produk dan jasa kepada orang-orang yang paling mungkin tertarik untuk membeli . Iklan menyumbang hampir semua pendapatan Google, yang mencapai hampir $ 23000000000 melalui paruh pertama tahun ini.

Bahkan siapa pun dengan browser Web bisa mengintip ke pusat data.  Perusahaan juga tetap cerdik tentang berapa banyak komputer  di pusat data,  Google memiliki ratusan ribu mesin komputer untuk menjalankan layanan Google.

Kebutuhan Google begitu banyak dalam penggunaan komputer  membuat perusahaan membutuhkan daya listrik yang cukup besar, meskipun begitu manajemen mengatakan terus mencari cara untuk mengurangi konsumsi daya, melindungi lingkungan dan menurunkan pengeluaran.

Sumber: http://www.dailymail.co.uk

Contact us

Kampus Terpadu

Telp: 031 - 3811966: 155